Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata


Tubuh kita adalah investasi masa tua. Jika tidak kita jaga sebaik mungkin, maka itu artinya kita siap dengan semua penyakit atau kelumpuhan pada tubuh kita. Salah satu anggota tubuh yang wajib kita jaga adalah mata. Bayangkan jika susudah tua atau bahkan masih muda mata kita mengalami gangguan, maka ini akan membuat tidak nyaman dan menggangu aktivitas sehari-hari.

Lalu bagaimana tipsnya agar mata kita selalu sehat?

1. Makan makanan yang sehat terutama buat kesehatan mata.

Banyak makan sayur, buah, dan air putih
Tak bisa dipungkiri bahwa makanan memiliki pengaruh yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Jika pola makan kita buruk, maka kesehatan tubuh kita juga ikut buruk. Maka penting memiliki pola hidup yang sehat dengan memakan makanan yang sehat. Banyak memakan sayur, buah dan minum air putih.

2. Hindari paparan sinar matahari langsung serta dari segala debu dan kotoran yang bisa masuk ke mata.

Paparan sinar matahari dapat merusak retina mata dikarnakan sinar UV nya yang tajam. Jika terus-menerus terkena sinar matahari, hal ini dapat menyebabkan mata mengalami katarak bahkan kanker mata. Maka saat keluar rumah dengan sinar matahari yang tajam, dianjurkan untuk menggunakan kaca mata khususnya kaca mata hitam atau kaca mata photochromic. Selain itu kaca mata juga menghindari mata dari berbagai debu dan kotoran yang mungkin bisa masuk ke mata. Dan saat mata kemasukan debu atau kotoran, hindari untuk menggosok-gosok mata agar mata tidak iritasi atau rusak.

3. Batasi permainan gadget.

Terlalu lama main gadget dapat membuat mata lelah dan kepala sakit
Zaman sekarang, gadget tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Karena kita telah memasuki zaman dimana semua keperluan kita ada pada gadget. Bahkan gadget sudah menjadi kebutuhan primer. Namun meski begitu, waktu untuk menatap layar gadget juga mesti dibatasi. Jika terlalu lama mata kita akan cepat lelah dan kering. Efek lainnya juga bisa membuat sakit kepala, pusing atau nyeri punggung.

4. Hindari membaca di tempat yang gelap atau kurang cahaya

Hal ini karena dapat menyebabkan mata mudah lelah dan kering

5. Istirahat yang cukup dan olahraga teratur

Istirahat yang cukup agar mata bekerja dengan optimal
Istirahat yang cukup dapat membantu mata untuk kembali segar dalam beraktivitas. Istirahat atau tidur dapat membuat mata kita beristirahat secara total setelah beraktivitas seharian. Jika kita kurang tidur, maka mata mudah lelah dan dapat menurunkan kemampuan melihat mata secara perlahan

6. Rutin memeriksakan mata

Dengan rutin memeriksakan mata ke dokter, maka penyakit pada mata dapat kita deteksi lebih dini.

Nah itu adalah di antara beberapa tips yang bisa kita lakukan di rumah agar kesehatan mata kita selalu terjaga. Jika tidak dijaga maka mata akan mengalami berbagai penyakit seperti rabun mata dekat, rabun jauh, katarak, glaukoma, degenerasi makula, dll.. Jika itu terjadi maka mau tak mau kita harus membantu penglihatan mata dengan kaca mata, lensa kotak, hingga operasi LASIK mata. Salah satu tempat LASIK mata yang rekomended yaitu di Klinik Mata Nusantara atau KMN Eyecare.

KMN EyeCare yang beralamat kan di Jakarta dan Semarang ini, memiki dokter mata terbaik di Indonesia dengan pengalaman bertahun-tahun dalam bidang keahliannya masing-masing untuk menangani berbagai gangguan mata seperti masalah di retina, katarak, LASIK, mata kering (dry eye), glaukoma, mata juling (strabismus), dan lain-lain. Dilengkapi dengan teknologi terdepan dalam layanan kesehatan mata di Indonesia, KMN Eyecare akan melayani dan menangani masalah kesehatan mata dengan layanan sepenuh hati.

So, yuk jaga dan periksa mata kita sedini mungkin😊

Tidak ada komentar

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring