Behel Gigi, Perawatan Penting untuk Kesehatan Gigi

Behel gigi atau kawat gigi sempat menjadi trend belakangan ini. Bahkan hingga saat ini, behel gigi tetap masih digunakan masyarakat untuk merapikan giginya. Selain buat kesehatan, behel gigi terkadang juga dijadikan sebagai bagian dari fashion atau estetika.

Karena pemasangan behel untuk fashion semakin populer, beberapa kasus infeksi atau masalah kesehatan gigi serius sering muncul. Hal ini bisa terjadi karena masalah pada behel gigi atau tempat pemasangannya yang tidak kompeten. Padahal, pemasangan behel gigi tidak boleh dilakukan sembarangan. Harus dengan dokter gigi atau dokter spesialis ortodontik yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Nah, kali ini aku bakal ngebahas beberapa hal yang perlu kita ketahui seputar behel gigi, nih... 

Pemasangan kawat gigi adalah prosedur untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak rapi atau posisi rahang yang tidak normal. Setelah dipasang, kawat gigi atau behel harus digunakan setidaknya selama 1–3 tahun untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
behel gigi harus di pasang oleh dokter gigi yang kompeten
Lalu seperti apakah kondisi rahang gigi yang normal itu? Posisi rahang yang normal adalah ketika susunan gigi bagian atas berada sedikit di depan susunan gigi bagian bawah saat mulut tertutup. Dalam kondisi mulut tertutup, lekukan gigi geraham atas juga harus selaras dengan lekukan gigi geraham bawah.

Apa saja jenis-jenis kawat gigi?

Ternyata kawat gigi atau behel ada beberapa jenis ya teman-teman. Seperti:

Conventional braces

Conventional braces adalah kawat gigi yang dipasang di bagian depan gigi. Kawat gigi ini dapat terbuat dari logam, keramik, atau plastik.

Lingual braces

Lingual braces adalah kawat gigi yang dipasang di bagian belakang gigi. Oleh karena itu, jenis kawat gigi ini umumnya tidak dapat terlihat dari depan.

Clear aligner

Clear aligner adalah behel dari plastik bening yang menutupi gigi. Jenis kawat gigi ini dapat dilepas pasang dan harus dibersihkan secara rutin.

Self-ligating braces

Self-ligating braces adalah jenis kawat gigi yang menggunakan logam kecil pada bracket, yaitu bagian kawat gigi yang berfungsi sebagai penopang.

Siapa saja yang dianjurkan untuk menggunakan behel gigi kesehatan?

Tidak semua orang bisa memasang kawat gigi atau behel ya teman-teman. Hanya orang-orang dengan kondisi gigi tertentu saja yang bisa melakukannya. Seperti posisi gigi yang tidak rapi atau kondisi rahang yang tidak normal seperti yang sudah aku uraikan di atas. Jika kamu mau merapikan gigi dengan behel, maka perlu konsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu

Mengapa kita harus memasang behel gigi?

Alasan utama memasang behel gigi adalah untuk memperbaiki struktur gigi sehingga mendapatkan penampilan gigi dan mulut yang menarik dan lebih rapi. Namun ada beberapa penyebab kenapa kita harus masang behel gigi. Seperti:

  • Ukuran gigi dan rahang yang tidak sesuai
  • Gigi terlalu maju,  gingsul,  berjejal/bertumpuk, bercelah, gingsul.
  • Rotasi gigi (gigi yang tidak menghadap pada posisi yang benar).
  • Bentuk gigi berantakan dan tidak beraturan sehingga sering menggores gusi dan menggores gigi dan menyebabkan radang
  • Struktur gigi yang berantakan sehingga memberikan masalah pada artikulasi bicara
  • Meningkatkan kesehatan gigi

Pemasangan kawat gigi memiliki beberapa manfaat seperti:

Behel gigi untuk gigi yang rapi dan senyum yang indah
  • Menyelesaikan masalah makan
  • Melindungi gigi
  • Memiliki senyum yang indah dan gigi yang lurus.

Kapan waktu terbaik untuk memasang behel gigi?

Menurut Dr. Thomas J. Salinas, D.D.S yang juga dikutip dari Mayo Clinic dan dikutip dari hellosehat.com, biasanya kawat gigi dapat mulai dipasang pada anak ketika semua gigi susunya sudah tanggal. Kita juga dapat mulai berkonsultasi ketika anak berusia tujuh tahun pada dokter gigi untuk mendapat evaluasi mengenai penggunaan behel.

Namun tetap saja kita dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai gigi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui masalah yang menyebabkan gigi berantakan sehingga dokter dapat menentukan jenis perawatan apa yang paling sesuai dan efektif. Pada umumnya, gigi permanen akan tumbuh sempurna pada usia 8 hingga 14 tahun. Saat inilah pemasangan behel sudah mulai dapat dilakukan.

Selain itu, waktu terbaik untuk memasang behel dapat bergantung pada tingkat keparahan dan penyebab gigi berantakan. Artinya, tidak ada waktu atau usia pasti mengenai memasang behel. Bisa dilakukan dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Dimana kita bisa memasang behel gigi yang aman dan nyaman?

Kita bisa memasang behel gigi di rumah sakit atau klinik dokter gigi. Pastikan pemasangan kawat gigi harus di tempat yang memiliki tenaga kompeten di bidangnya. Tempat pasang behel yang aman pada dasarnya adalah ke dokter gigi spesialis behel gigi atau orthodontist.

Bagaimana prosedur pemasangan behel gigi?

Konsultasikan ke dokter gigi terlebih dahulu sebelum memutuskan berbehel
1. Konsultasi dengan dokter

Sebelum memutuskan untuk memasang kawat gigi, yang pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan konsultasi dengan dokter gigi. Karena dokter yang lebih tau bagaimana keadaan gigi kita setelah diperiksa.

2. Pencetakan dan Pemotretan

Setelah konsultasi, dokter gigi akan melakukan pencetakan atau pemotretan gigi dan rahang pasien. Tujuannya apa? Yaitu untuk membuat cetakan atau model yang akan digunakan sebagai panduan untuk pembuatan behel yang sesuai dengan struktur gigi dan rahang pasien.

3. Rencana Perawatan

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan model gigi pasien, nantinya dokter gigi akan merencanakan perawatan ortodontik yang sesuai.
Rencana ini melibatkan penentuan posisi akhir gigi dan rahang serta perhitungan untuk membuat behel yang dapat memberikan tekanan yang tepat pada gigi. Hal ini berguna untuk menentukan bagaimana posisi gigi nantinya.

4. Proses pemasangan behel gigi

Pertama-tama, dokter akan mulai dengan membersihkan gigi secara menyeluruh. Setelah itu, dokter akan meletakkan bracket (cincin kecil) di setiap gigi menggunakan lem khusus. Kawat gigi kemudian akan dihubungkan dengan bracket menggunakan karet elastis atau kawat logam. Proses pemasangan ini mungkin memakan waktu beberapa jam dan memerlukan keahlian khusus dari dokter gigi ortodontik. 

Nah, setelah behel terpasang, pasien perlu mematuhi petunjuk perawatan dari dokter gigi, seperti membersihkan gigi dengan benar, menghindari makanan yang dapat merusak behel, dan menjalani perawatan tambahan seperti pemutihan gigi setelah behel lepas.

Perawatan gigi di klinik gigi Damessa

Damessa, Family Dental Care
Salah satu klinik gigi yang menyediakan jasa pasang behel gigi adalah di klinik Damessa Family Dental Care. Damessa Family Dental Care merupakan klinik gigi yang telah berdiri lebih dari 14 tahun. Berawal dari sebuah klinik kecil di area Dental Cibubur, klinik ini berhasil berkembang menjadi salah satu klinik terkemuka di area Jabodetabek. Saat ini, Damessa Dental Care memiliki 7 cabang dengan lebih dari 200 staf beserta dokter gigi umum dan spesialis yang merupakan alumni dari universitas negeri terbaik di Indonesia. Selain memasang behel gigi, di klinik ini juga bisa juga menyediakan teeth whitening, dental clinic, dokter gigi spesialis anak, pembersihan karang gigi, pembuatan gigi tiruan, perawatan gigi anak, dan tambal Gigi.

Keunggulan perawatan di Damessa family Dental Care

Perawatan gigi di Damessa Family Dental Care sedang diskon nih🥰
Terpercaya

Damessta Family Dental Care dipercaya oleh masyarakat untuk melakukan perawatan gigi. Lebih dari 100.000 pasien berdatangan setiap tahunnya

Pelayanan terbaik

Damessa Family Dental Care memiliki pelayanan terbaik yang sudah berkontribusi lebih dari 16 tahun

Banyak cabang

Damessa Family Dental Care memiliki 13 cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek seperti Bekasi, Bogor, Depok & Tangerang Selatan.

Dokter gigi spesialis dan umum

Damessa Family Dental Care lengkap dengan lebih dari 150 dokter. Baik dokter spesialis gigi maupun dokter umum

Garansi perawatan

Macam-macam perawatan di Damessa Family Dental Care
Jika pasca tindakan pasien mengalami hal tak terduga, seperti kawat gigi lepas saat digunakan untuk mengunyah makanan, maka kita bisa datang kembali ke klinik.

Damessa Family Dental Care memberikan garansi semua tindakan yang berlaku 7 hari pasca perawatan tanpa dikenakan biaya.

Partner Asuransi

Damessa bekerjasama dengan 200+ asuransi terbaik untuk mempermudah pasien melakukan perawatan di Klinik.

Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau ingin reservasi perawatan, bisa hubungi kontak di bawah ini:

Telp: +62 811 9115 445
Email: damessa.klinik@gmail.com

Kantor Pusat: Ruko City Walk Blok CW 09/20 Citra Grand, Jatikarya, Kec. Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat 17433

Gimana? Masih belum yakin buat perawatan gigi cantikmu di Damessa Family Dental Care? 

Dan jika di tanya apakah pemasangan behel gigi sepenting itu? Jawabannya adalah Ya! u

Untuk yang ingin giginya lebih sehat, rapi, dan menarik. 

Yuk konsultasikan permasalahan gigimu dan lakukan  perawatan di  Damessa Family Dental Care sekarang!

Sumber:
  • http://www.alodokter.com/pemasangan-kawat-gigi
  • https://www.halodoc.com/artikel/ini-prosedur-pasang-behel-yang-perlu-diketahui
  • https://hellosehat.com/gigi-mulut/ortodonti/waktu-ideal-memasang-behel/

Tidak ada komentar

Thanks udah mampir. Jangan lupa tinggalkan komentar ya. No SARA. Syukron Jazakallah..😊

Komunitas BRT Nerwork

Komunitas BRT Nerwork
Logo Komunitas BRT Network

Komunitas Mama Daring

Komunitas Mama Daring
Logo Mama Daring